Oleh
Yhunika Lutvi Marisha1 dan Sutama2
1Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UMS,yhunika.marisha@gmail.com
2Staf Pengajar UMS Surakarta, sutama_mpd@yahoo.com
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan komunikasi dan hasil belajar matematika bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura dengan strategi pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran matematika. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Sumber data guru dan siswa. Teknik pengumpulan data observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Data
dianalisis secara komparatif dan interaktif. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian, pertama penerapan strategi pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan komunikasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIE SMP Negeri 2 Kartasura. Kedua peningkatan komunikasi belajar matematika yaitu (a) siswa yang mampu menyatakan ide matematika dari kondisi awal 9,1% siklus I 31,45% dan siklus II 73,6%, (b) siswa yang mampu menggambarkan ide ke dalam model matematika dari kondisi awal 6,1% siklus I 36,2% siklus II 79,6%, (c) siswa yang mampu menuliskan ide matematika dalam bentuk visual dari kondisi awal 18,2% siklus I 50,35% siklus II 83,1%, dan (d) siswa yang mampu menjelaskan konsep matematika dari kondisi awal 9,1% siklus I 33,05% siklus II 70,1%. Ketiga peningkatan hasil belajar matematika dari
kondisi awal 35,71%, siklus I 61,3% siklus II 76,7%.
Kata Kunci: komunikasi, hasil belajar, kontekstual
Selengkapnya silahkan download: Klik Disini
Posting Komentar