Oleh: Farida Yuliati
Guru SLB B YPALB Karanganyar
E-Mail: farida_421@yahoo.co.id
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk meningkatan penguasaan konsep bilangan bagi anak tunarungu kelas 1 SLB – B melalui permainan dhakon. Subyek penenlitian 4 siswa kelas 1 SLB – B YPALB Karanganyar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian siklus 1,
Terdapat perubahan nilai hampir pada setiap anak. Perubahan nilai satu angka terjadi pada 3 orang anak. Perubahan nilai dua angka terjadi pada 1 orang anak.
Rata-rata nilai anak 6, sehingga berada pada rentang 40%<P≤60% dengan kategori pencapaian indikator kinerja cukup. Meskipun mengalami kenaikan nilai, tetapi masih ada 1 anak yang nilainya dibawah 6 (KKM). Pada siklus 2 terdapat perubahan nilai pada setiap anak. Perubahan nilai satu terjadi pada 2 anak. Perubahan nilai dua angka terjadi pada 3 anak. Tidak ada nilai dibawah 6
(KKM). Rata-rata nilai anak 7,5 sehingga berada pada rentang 60%<P≤80% dengan kategori pencapaian indikator kinerja tinggi. Pada siklus kedua kenaikan nilai sudah sesuai indikator kinerja yang ditetapkan 60%<P≤80% atau ‘tinggi’. Kesimpulan penelitian, ada peningkatan penguasaan konsep bilangan bagi siswa kelas I SLB-B YPALB Karanganyar setelah dilakukan tindakan melalui
permainan dhakon.
Kata kunci : Konsep bilangan, anak tunarungu, permainan, dhakon
Selengkapnya silahkan download: Klik Disini
Posting Komentar