Oleh:
Sutama, Sabar Narimo, dan Haryoto
Magister Manajemen Pendisikan PPs UMS
Jl. A. Yani Pabelan, Kartasura, Telp. 0271 730772 Tromol Pos 1 Surakarta
Sutama_mpd@yahoo.com
Sutama, Sabar Narimo, dan Haryoto
Magister Manajemen Pendisikan PPs UMS
Jl. A. Yani Pabelan, Kartasura, Telp. 0271 730772 Tromol Pos 1 Surakarta
Sutama_mpd@yahoo.com
Abstrak
Penelitian tahun I, ditujukan untuk mendeskripsikan pembelajaran matematika yang dilakukan guru dan pengembangan pembelajaran matematika kontekstual di Sekolah Dasar pasca bencana erupsi Merapi Selo Boyolali Jawa Tengah. Penelitian ini secara keseluruhan menggunakan penelitian danpengembangan. Penelitian tahun I menggunakan pendekatan kualitatatif.
Informan kepala, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data, observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara interaktif dengan metode alir. Keabsahan data, triangulasi metode dan sumber. Hasil Penelitian Pertama, Pembelajaran matematika yang dilakukan guru. Rencana pelaksanaan pembelajaran belum dibuat secara mandiri. Pengelolaan ruang model klasikal. Pengelolaan media visual. Pengelolaan materi ajar bersumber satu buku.
Pengelolaan interaksi, didominasi guru. Penilaian aspek kognitif. Kedua, Pengembangan pembelajaran matematika kontekstual. Rencana pelaksanaan pembelajaran dengan strategi kontekstual berdasar masalah dalam kelompok kecil melalui lima langkah kegiatan. Pengelolaan ruang di dalam kelas, setting ruang berubah secara siklus. Pengelolaan ruang di luar kelas, bebas sesuai tujuan pembelajaran. Pengelolaan media, visual dan proyeksi diam. Pengelolaan materi ajar, dikembangkan dari berbagai macam bahan ajar. Pengelolaan interaksi, berpusat pengalaman belajar siswa. Evaluasi pembelajaran, autentik berdasarkan semua aspek.
Penelitian tahun I, ditujukan untuk mendeskripsikan pembelajaran matematika yang dilakukan guru dan pengembangan pembelajaran matematika kontekstual di Sekolah Dasar pasca bencana erupsi Merapi Selo Boyolali Jawa Tengah. Penelitian ini secara keseluruhan menggunakan penelitian danpengembangan. Penelitian tahun I menggunakan pendekatan kualitatatif.
Informan kepala, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data, observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara interaktif dengan metode alir. Keabsahan data, triangulasi metode dan sumber. Hasil Penelitian Pertama, Pembelajaran matematika yang dilakukan guru. Rencana pelaksanaan pembelajaran belum dibuat secara mandiri. Pengelolaan ruang model klasikal. Pengelolaan media visual. Pengelolaan materi ajar bersumber satu buku.
Pengelolaan interaksi, didominasi guru. Penilaian aspek kognitif. Kedua, Pengembangan pembelajaran matematika kontekstual. Rencana pelaksanaan pembelajaran dengan strategi kontekstual berdasar masalah dalam kelompok kecil melalui lima langkah kegiatan. Pengelolaan ruang di dalam kelas, setting ruang berubah secara siklus. Pengelolaan ruang di luar kelas, bebas sesuai tujuan pembelajaran. Pengelolaan media, visual dan proyeksi diam. Pengelolaan materi ajar, dikembangkan dari berbagai macam bahan ajar. Pengelolaan interaksi, berpusat pengalaman belajar siswa. Evaluasi pembelajaran, autentik berdasarkan semua aspek.
Katakunci: kontekstual, ruang, media, materi, interaksi, autentik.
Selengkapnya silahkan download: Klik Disini
Posting Komentar