PENERAPAN METODE EDUTAINMENT HUMANIZING THE CLASSROOM DALAM BENTUK MOVING CLASS SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR
OLEH: SRI DARWATI,S.Pd.M.Pd
Abstrak
Penelitian dengan penerapan metode edutainment humanizing the classroom mini, bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dan memberdayakan sarana prasarana yang ada agar pembelajaran menyenangkan.Penelitian ini di laksanakan di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Tektik analisis data menggunakan reduksi data, sajian data danVerifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode edutainment humanizing the classroom dengan melengkapi alat peraga, yang tertata pada museum mini di setiap ruang mata pelajaran, penataan tempat duduk siswa dengan berbagai formasi sesuai dengan kebutuhan sehingga pembelajaran sangat menyenangkan bagi siswa. Peningkatan Prestasi belajar siswa sangat nyata.
Berdasarkan data, kelulusansiswa 100%. Demikian juga prestasi belajar siswa kelas X dan XI, berdasarkan analisa peneliti pada laporan hasil belajar siswa 89,9% siswa telah tercapai atau tuntas untuk semua kompetensi dasar pada setiap mata pelajaran. Inti dari proses pembelajaran di kelas, siswa bersemangat, antusias, dan menyenangkan dalam mengikuti pelajaran, tidak merasa terbebani
dan menjadikan pembelajaran di kelas sebagai sesuatu yang menakutkan.
Kata Kunci : Metode edutainment, Humanizing the classroom, Moving class, prestasi belajar.
Selengkapnya silahkan download: Klik Disini
+ komentar + 3 komentar
Assalamualaikum. Boleh tau buku yang digunakan tentang metode edutainment selain miliknya hamid sholeh?
Assalamualaikum. Boleh tau buku yang digunakan tentang metode edutainment selain miliknya hamid sholeh?
Salam. Pertanyaan yang sama dengan Ibu Kartika Ayu.
Posting Komentar