Home » » Pembelajaran Melalui Pendekatan Pemecahan Masalah

Pembelajaran Melalui Pendekatan Pemecahan Masalah

Written By Sutama on Jumat, 04 Januari 2013 | 01.02

Mengahadapi sejumlah pembelajaran, berbagai pesan yang terkandung dalam bahan ajar meningkatkan kemampuan pembelajar dan proses memperoleh pengalaman. Maka setiap guru memerlukan pengetahuan tentang pendekatan pembelajaran. Suatu prasyarat teknis untuk dapat mempelajarkan adalah bahwa seorang pembelajar (guru) sudah pernah bertindak belajar itu sendiri.

Proses pembelajaran melalui pendekatan pemecahan masalah di dalam kelas harus mengutamakan pada pamahaman siswa dengan cara memperkaya, memperdalam, dan memperluas siswa dalam pemecahan masalah. Karena pendekatan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal-soal matematika dapat melatih kemampuan siswa. Pendekatan pemecahan masalah tidak dirancang untuk membantu guru memberikan informasi sebanyak-banyaknya kepada siswa. Peran guru dalam pembelajaran ini hanya sebagai fasilitator artinya guru hanya memberikan pengarahan dan bimbingan kepada siswa.

Soal atau persoalan bagi anak yang satu merupakan pemecahan masalah sedangkan bagi yang lain tidak, maka menjadi tugas guru untuk menyeleksi atau membuat soal-soal yang merupakan soal pemecahan masalah.
Pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika merupakan inti dalam pembelajaran matematika khususnya dalam memotivasi siswa. Sebagai mana dikemukakan oleh Mayer (dalam Edi, 2005). Bahwa National Council of Teacher of mathematics telah merekomendasikan bahwa pemecahan masalah merupakan fokus dari pelajaran matematika disekolah. Sedangakan Muncarno (dalam Edi, 2005). Menyatakan pembelajaran matematika yang dilaksanakan dengan langkah-langakah pemecahan masalah kepada siswa cenderung dapat memotivasi siswa dalam belajar. hal ini diperkuat oleh Russefendi (1980: 222).
Mengemukakan bahwa salah satu sebab siswa perlu dilatih menyelesaikan persoalan yang berupa pemecahan masalah adalah agar dapat menimbulkan keingin tahuan dan adanya motivasi serta menumbuhkan sifat kreatif.
pembelajaran pemecahan masalah akan menjadi hal yang sangat menentukan juga keberhasilan pendidikan matematika, sehingga pengintegrasian pemecahan masalah selama proses pembelajaran berlangsung hendaknya menjadi suatu keharusan. Siswa tidak akan tertarik untuk belajar memecahkan masalah jika ia tidak tertantang untuk mengerjakannya. Hal ini menunjukan pentingnya tantangan serta konteks yang ada pada suatu masalah untuk memotivasi para siswa. Para siswa akan berusaha dengan sekuat tenaga untuk memecahkan suatu masalah yang diberikan gurunya jika mereka menerima tantangan yang ada pada masalah tersebut.
Pembelajaran pemecahan masalah atau belajar memecahkan masalah dijelaskan Cooney et al (dalam Fadjar) sebagai berikut : … the action by which a teacher encourages students to accept a challenging question and guides them in their resolution”. Hal ini menunjukan bahwa pembelajaran pemecahan masalah adalah suatu tindakan (action) yang dilakukan guru agar para siswanya termotivasi untuk menerima tantangan yang ada pada pertanyaan (soal) dan mengarahkan para siswa dalam proses pemecahannya.

Menggunakan pendekatan pembelajaran matematik, masalah dapat diberikan di awal kegiatan sebagai tantangan bagi para siswa. Dengan masalah ini, para siswa diberi kesempatan untuk mengeksplorasi atau menyelidiki, tentunya dengan pertanyaan-pertanyaan dari guru atau pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari para siswa sendiri dalam bentuk pemecahan masalah, sehingga teorema, rumus, dalil, pengertian maupun konsep baru dapat dimunculkan dari masalah yang dikemukakan pada awal kegiatan ini. Dengan cara ini, para siswa dilatih dan dibiasakan untuk belajar memecahkan masalah selama proses pembelajaran di kelas sedang berlangsung sedemikian sehingga pemahaman suatu konsep atau pengetahuan haruslah dibangun sendiri (dikontruksi) oleh siswa (pembelajar).
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Sutama | P3TM
Copyright © 2011. Mathematics - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by NsiDesign
Proudly powered by Blogger

Selamat Datang

Selamat datang di "BLOG MATHEMATICS", saya harap anda senang berada diblog sederhana ini. dan berharap Anda sering datang kembali. Silahkan anda mencari hal-hal yang baru di blog saya iniSelengkapnya

Sepintas Tentang Saya :

Nama saya Sutama saya seorang dosen yang bertugas di Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Social Stuff

Info