Home » , , » PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KONTEKSTUAL

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KONTEKSTUAL

Written By Sutama on Selasa, 29 Januari 2013 | 09.15



PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KONTEKSTUAL
DI SEKOLAH DASAR PASCA BENCANA ERUPSI MERAPI

Oleh:
Sutama, Sabar Narimo, dan Haryoto
Magister Manajemen Pendisikan PPs UMS
Jl. A. Yani Pabelan, Kartasura, Telp. 0271 730772 Tromol Pos 1 Surakarta
Sutama_mpd@yahoo.com

Abstrak
         Penelitian tahun I, ditujukan untuk mendeskripsikan pembelajaran matematika yang dilakukan guru dan pengembangan pembelajaran matematika kontekstual di Sekolah Dasar pasca bencana erupsi Merapi Selo Boyolali Jawa Tengah. Penelitian ini secara keseluruhan menggunakan penelitian danpengembangan. Penelitian tahun I menggunakan pendekatan kualitatatif.
Informan kepala, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data, observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara interaktif dengan metode alir. Keabsahan data, triangulasi metode dan sumber. Hasil Penelitian Pertama, Pembelajaran matematika yang dilakukan guru. Rencana pelaksanaan pembelajaran belum dibuat secara mandiri. Pengelolaan ruang model klasikal. Pengelolaan media visual. Pengelolaan materi ajar bersumber satu buku.
Pengelolaan interaksi, didominasi guru. Penilaian aspek kognitif. Kedua, Pengembangan pembelajaran matematika kontekstual. Rencana pelaksanaan pembelajaran dengan strategi kontekstual berdasar masalah dalam kelompok kecil melalui lima langkah kegiatan. Pengelolaan ruang di dalam kelas, setting ruang berubah secara siklus. Pengelolaan ruang di luar kelas, bebas sesuai tujuan pembelajaran. Pengelolaan media, visual dan proyeksi diam. Pengelolaan materi ajar, dikembangkan dari berbagai macam bahan ajar. Pengelolaan interaksi, berpusat pengalaman belajar siswa. Evaluasi pembelajaran, autentik berdasarkan semua aspek.

Katakunci: kontekstual, ruang, media, materi, interaksi, autentik.






Selengkapnya silahkan download: Klik Disini
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Sutama | P3TM
Copyright © 2011. Mathematics - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by NsiDesign
Proudly powered by Blogger

Selamat Datang

Selamat datang di "BLOG MATHEMATICS", saya harap anda senang berada diblog sederhana ini. dan berharap Anda sering datang kembali. Silahkan anda mencari hal-hal yang baru di blog saya iniSelengkapnya

Sepintas Tentang Saya :

Nama saya Sutama saya seorang dosen yang bertugas di Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Social Stuff

Info