Home » , » Contoh Penulisan Roadmap Penelitian

Contoh Penulisan Roadmap Penelitian

Written By Sutama on Kamis, 10 Januari 2013 | 01.03


Berikut saya berikan contoh pembuatan Roadmap Penelitian dalam penulisan proposal penelitian tindakan matematika yang telah saya buat:

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN  MATEMATIKA KONTEKSTUAL BERBASIS LESSON STUDY DI SD PASCA BENCANA ERUPSI MERAPI SELO BOYOLALI JAWA TENGAH
Roadmap Penelitian
Pembangunan pendidikan nasional ke depan didasarkan pada paradigma membangun manusia Indonesia seutuhnya, yang berfungsi sebagai subjek yang memiliki kapasitas untuk mengaktualisasikan potensi dan dimensi kemanusiaan secara optimal. Visi pendidikan nasional adalah, terwujudnya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk pemberdayaan semua warga negara Indonesia berkembang menjadi manusia berkualitas sehingga mampu proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah. Untuk mewujudkan visi itu pada periode 2005-2009 Depdiknas memfokuskan pada tiga pilar pembangunan pendidikan, yakni: (1) pemerataan dan perluasan akses terhadap pendidikan, (2) peningkatan mutu, relevansi, dan daya saing pendidikan, dan (3) penguatan tatakelola, akuntabilitas, dan pencitraan publik pendidikan.
Peningkatan mutu guru akan berdampak pada peningkatan mutu lulusan. Peningkatan mutu lulusan akan berdampak pada peningkatan mutu sumberdaya manusia (SDM) secara keseluruhan. Peningkatan SDM pada giliranya akan mewujudkan manusia yang berdaya dan mampu proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah. Dengan demikian, betapa pun kecilnya penelitian ini dapat memberikan sumbangan dalam pencapaian visi Nasional Indonesia.
Berbagai upaya telah dilakukan oleh peneliti terdahulu dan Departemen Pendidikan Nasional RI untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Kegiatan penelitian yang telah dilaksanakan peneliti dan peneliti terdahulu yang berkaitan dengan pengembangan kurikulum dan pemebelajaran disampaikan singkat di bawah.
Kegiatan penelitian yang telah dilaksanakan Sutama (peneliti), yaitu Pengelolaan Pembelajaran Matematika Sekolah Standar Nasional (2011), Pembelajaran Berbasis Aptitude Treatment Interaction untuk Peningkatan Motivasi belajar Matematika Bagi Siswa Kelas VIII (2010), Iklim Pembelajaran Matematika Bilingual Kelas IV (2009), Pengembangan Model Pembelajaran Matematika dengan Aptitude Treatment Interaction Berbasis Portofolio di SMP Kota Surakarta (2008), Evaluasi Penuntasan Wajib Belajar 9 Tahun di Kabupaten Klaten (2008), Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction Berbasis Portofolio Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Pengantar Dasar Matematika (2007), Pengembangan Silabus Matematika KTSP SMA Muhammadiyah Kota Surakarta (2007), Evaluasi Pelaksanaan Desentralisasi Pendidikan Kabupaten Klaten (2007), Model Pembelajaran Berbasis Mencari Informasi dalam Mata Kuliah Inovasi Pendidikan Untuk Pembentukan Pola Hidup Mahasiswa (2007), Peningkatan Kemampuan Penalaran Siswa Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta (2006), Model Pembelajaran Matematika Sekolah Berprestasi dalam Peningkatan Mutu Hasil Belajar (2006), Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Pengembangan Kreativitas Mahasiswa dalam Mata Kuliah Geometri Analitik Bidang (2006), Peningkatan Mutu Interaksi dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Belajar SAVI di SMP N 10 Surakarta (2005), Penerapan Task Involvement Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika (2004), Kesiapan Mental Siswa Kelas I SLTP dalam Pembelajaran Matematika (2003), dan Kemampuan Guru Matematika SMU dalam Memilih Buku Teks (2002).
Para peneliti terdahulu telah melakukan berbagai penelitian, khususnya yang terkait dengan pengembangan kurikulum dan pembelajaran. Model pengembangan pembelajaran yang dihasilkan sangat beragam. Model yang dikembangkan di antaranya dengan  memanfaatkan: (1) accelerated learning (Suwarni, dkk, 2007), (2) E-learning (Juanda, 2007; Soekartawi, 2007; Hastjarjo dan Soekartawi, 2007; Hasibuan, 2007; Ali dan Ariadie Chandra Nugraha, 2007)), (3) teknologi informasi dan komunikasi (ICT)  (Herwawan, 2007), (4) internet  (Arifin dan Uwes A. Chaeruman, 2007).
Penelitian-penelitian untuk peningkatan pembelajaran juga telah dilakukan dengan  pendekatan: (1)  pengajuan dan pemecahan masalah (Siswono, 2007), (2) berbasis masalah (Herman, 2007), (3) contextual-teahing and learning (CTL) (Firdaus, dkk., 2007), (4) perubahan konseptual dan cooperative learning strategies (CLS) (Asikin, 2003), (5) pendekatan pembelajaran berkelompok dan Timbal balik  (Iskandar, 2006), (6) pendekatan yang berorientasi pada Teori Van Hiele (Roebyanto, dkk., 2006), (7) penggunaan peta konsep (Anwar, 2006), dan (8) pembelajaran berbasis laboratorium (Martini, dkk., 2006).
Deskripsi penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa media yang dimanfaatkan untuk peningkatan kualitas pembelajaran sangat banyak. Demikian juga pendekatan yang digunakan untuk peningkatan kualitas  pembelajaran juga sangat bervariasi. Namun, strategi pembelajaran matematika kontekstual berbasis lesson study belum banyak dikerjakan oleh peneliti lain. Dengan begitu, penelitian ini  akan melengkapi pendekatan yang digunakan dalam peningkatan kualitas pembelajaran, yang selanjutnya dapat meningkatkan mutu guru dan mutu pendidikan.
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

23 Oktober 2014 pukul 19.42

Berarti penulisan roadmap penelitian itu seperti membuat ringkasan/rangkuman dari penelitian ya prof ?

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Sutama | P3TM
Copyright © 2011. Mathematics - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by NsiDesign
Proudly powered by Blogger

Selamat Datang

Selamat datang di "BLOG MATHEMATICS", saya harap anda senang berada diblog sederhana ini. dan berharap Anda sering datang kembali. Silahkan anda mencari hal-hal yang baru di blog saya iniSelengkapnya

Sepintas Tentang Saya :

Nama saya Sutama saya seorang dosen yang bertugas di Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Social Stuff

Info