Home » , » Contoh Sistematikan Penelitian Pengembangan Pembelajaran Matematika Konstektual Berbasis Lesson Study

Contoh Sistematikan Penelitian Pengembangan Pembelajaran Matematika Konstektual Berbasis Lesson Study

Written By Sutama on Kamis, 10 Januari 2013 | 01.12


Berikut saya berikan contoh pembuatan Sistematikan Penelitian dalam penulisan proposal penelitian tindakan matematika yang telah saya buat:

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN  MATEMATIKA KONTEKSTUAL BERBASIS LESSON STUDY DI SD PASCA BENCANA ERUPSI MERAPI SELO BOYOLALI JAWA TENGAH
 
Sistematikan Penelitian
Kegiatan penelitian dan pengembangan ini akan dilakukan dalam tiga tahun.  Kegiatan tahun kesatu, studi pendahuluan dan penyusunan model secara konseptual, yang dirinci menjadi enam langkah. 1) Mengkajian teori-teori yang relevan, yaitu implementasi kurikulum dan pembelajaran, konsep kualitas pembelajaran, hakekat matematika, konsep stretegi pembelajaran kontekstual, dan konsep lesson study; 2) Menyusun instrumen penelitian, yaitu pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman analisis dokumentasi; 3) Melakukan survei pembelajaran di SD Selo Boyolali Jawa Tengah; 4) Focus Group Discussion (FGD) analisis hasil survei pemebelajaran di SD Selo Boyolali Jawa Tengah; 5) Workshop penyusunan buku strategi pembelajaran matematika kontekstual berbasis lesson study,; dan 6) FGD me-review buku strategi pembelajaran matematika kontekstual berbasis lesson study yang telah disusun.
Hasil survei pembelajaran pada tahap ini merupakan dasar untuk pengembangan pembelajaran matematika kontekstual berbasis lesson study.  Survei dilakukan di 10 SD pada 10 Desa Selo Boyolali Jawa Tengah pasca bencana erupsi merapi, melibatkan pengambil kebijakan, guru SD kelas IV dan V, dan ahli pendidikan matematika. Semua komponen ini terlibat dalam FGD untuk mempersiapkan konsep model yang akan dikembangkan. FGD juga dilakukan untuk mereview  konsep yang telah dirancang.
Kegiatan tahun kedua, penyusunan model pembelajaran matematika kontekstual berbasis lesson study secara konseptual, yang dirinci menjadi enam langkah. 1) Mengkajian teori-teori yang relevan, yaitu pengembangan silabus matematika SD, pengembangan materi ajar matematika SD, pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan pengembangan bahan ajar matematika SD; 2) Menyusun instrumen penelitian, yaitu form pengembangan materi ajar matematika SD, form pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran, form instrumen evaluasi pembelajaran, dan form pengembangan bahan ajar matematika SD; 3) Workshop pengembangan materi ajar dan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran matematika kontekstual di SD, 4) Workshop penyusunan instrumen evaluasi pembelajaran dan penyusunan bahan ajar matematika kontekstual di SD; dan 6) FGD me-review model pembelajaran matematika kontekstual berbasis lesson study yang telah disusun. 
Kegiatan tahun ketiga, menganalisis dan menguji efektivitas pembelajaran matematika kontekstual berbasis lesson study, yang dirinci menjadi sembilan langkah. 1) Menyusun instrumen penelitian, yaitu pedoman observasi pembelajaran, angket persepsi guru tentang pembelajaran, dan tes hasil belajar; 2) Workshop penerapan pembelajaran matematika kontekstual berbasis lesson study; 3) Peer teaching pembelajaran matematika kontekstual berbasis lesson study; 4) Ujicoba terbatas penerapan pembelajaran matematika kontekstual berbasis lesson study, yaitu di empat SD pada empat Desa Selo Boyolali Jawa Tengah; 5) FGD analisis hasil uji coba pembelajaran matematika kontekstual berbasis lesson study di SD Selo Jawa Tengah; 6) Eksperimen penerapan pembelajaran matematika kontekstual berbasis lesson study, yaitu pada enam SD di enam Desa Selo Boyolali Jawa Tengah; 7) Workshop analisis hasil eksperimen pembelajaran yang dikembangkan; 8) FGD penyempurnaan pembelajaran matematika kontekstual berbasis lesson study; dan 9) Desiminasi pembelajaran matematika kontekstual berbasis lesson study.
Penentuan SD sebagai tempat penerapan model pembelajaran yang dikembangkan, baik untuk ujicoba maupun eksperimen pada 10 Desa di Selo dilakukan konsultasi dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Boyolali dan UPTD Selo. Penerapan model yang dikembangkan dan dampaknya dengan pendekatan penelitian tindakan kelas, eksperimen, dan korelasional.
Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Sutama | P3TM
Copyright © 2011. Mathematics - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by NsiDesign
Proudly powered by Blogger

Selamat Datang

Selamat datang di "BLOG MATHEMATICS", saya harap anda senang berada diblog sederhana ini. dan berharap Anda sering datang kembali. Silahkan anda mencari hal-hal yang baru di blog saya iniSelengkapnya

Sepintas Tentang Saya :

Nama saya Sutama saya seorang dosen yang bertugas di Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Social Stuff

Info